Inilah 10 Amalan dengan Ganjaran yang sesuai di Surga


PORTAL MUSLIM - Surga, satu tempat yang diharapkan serta diidam-idamkan oleh tiap orang. Semua bentuk kenikmatannya membuat kebanyakan orang mengidamkan untuk kembali kepadanya. Bidadari-bidadari cantik yang tetap perawan, minuman yang sesudah diminum tidak merasakan haus, rumah istimewa seperti istana serta beberapa kesenangan yang lain yang semua keindahannya itu tidak pernah kelihatan oleh mata, terdengar oleh telinga serta tidak pernah terbetik dalam hati sanubari manusia. Olehnya, kebanyakan orang berakal serta beriman tentu inginkan untuk masuk ke surga.

Rumah di Surga

Dalam kehidupan di dunia, rumah jadi salah satunya keperluan yang penting buat manusia. Satu orang kadang harus kerja keras siang serta malam cuma untuk bangun rumah impiannya. Itu juga satu waktu tempat tinggalnya bisa menjadi rusak dan tua. Serta tentunya dia akan tinggalkan rumah itu untuk selamanya.

Kehidupan akhirat, tidak satu juga manusia dapat menangkis darinya. Akhirat ialah kehidupan yang lebih abadi serta kekal. Karena itu mengapa kita tidak kurang serius serta serius berupaya cari jalan serta mengusahakan karena untuk mempunyai rumah disana? 

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyampaikan kabar pada kita mengenai sifat-sifat rumah di surga:

“Bangunannya dari batu bata berbentuk perak serta emas, adukannya dari wangi-wangian kesturi Al-Adzfar, kerikilnya dari mutiara serta permata, kerikilnya dari za’faron. Siapa yang memasukinya akan merasakan nikmat serta tidak meninggalkannya, abadi tidak mati, bajunya tidak kotor serta selalu muda tidak tua.” (HR. Al-Tirmidzi & Ahmad. Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jami’: 3116)

Amalan-amalan yang dihadiahi Rumah di Surga

Ada banyak amalan yang disarankan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam buat mereka yang inginkan rumah di surga. salah satunya:

1. Membuat masjid karena Allah SWT

Dari Utsman bin ‘Affan Radhiyallahu ‘Anhu, mengatakan: Saya dengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Siapa yang membuat satu masjid untuk Allah karena itu Allah akan membangunkan buatnya satu rumah di surga.” (Muttafaq ‘alaih)

Dari Abu Dzar Radhiyallahu ‘Anhu, mengatakan: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa membuat masjid sebab Allah walaupun seperti sarang burung atau lebih kecil dari itu karena itu Allah akan membangunkan buatnya satu rumah di surga.” (HR. Ibnu Majah, al-Bazzar serta Ibnu Hibban. Dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Jami’, no. 6128)

2. Membaca surat Al-Ikhlas sepuluh kali

Dari hadits Mu’adz bin Anas Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Siapa yang membaca Qul Huwallaahu Ahad (Surat Al-Ikhlash) sampai menghatamkannya sekitar sepuluh kali pasti Allah bangunkan buatnya intana di surga.” (HR Ahmad dari Mu’adz bin Anas al-Juhani & dihassankan Syaikh Al-Albani dalam Riwayat Shahihah, no. 589)

3.  Bersabar dan beristirja’ sewaktu diberi cobaan dengan anak meninggal

Dari Abu Musa al-Asy’ari Radhiyallahu ‘Anhu, sebenarnya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Apabila anak seseorang hamba wafat, Allah berfirman pada MalaikatNya, “Kalian sudah mencabut nyawa anak hamba-Ku?” Mereka mengatakan, “Benar.” Allah berfirman, “kalian sudah mencabut nyawa buah hatinya?” Mereka menjawab, “Benar.” Allah berfirman, “Apa yang disampaikan oleh hamba-Ku?” Mereka mengatakan, “Ia memuji-Mu serta ucapkan istirja’ (Innaa Lilaahi Wa Innaa Ilaihi Raaji’uun).” Allah berfirman, “Bangunkan untuk hamba-Ku rumah di surga serta namai dia Rumah Pujian.” (HR. Al-Tirmidzi serta beliau menghassankannya , dihasankan oleh Syaikh Al AlBani di Shahih al-Jami’)

4. Selalu membaca doa masuk pasar

Dari Umar bin al-Khathab Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Barangsiapa masuk pasar lalu dia ucapkan, “Laa Ilaaha Illallaahu wahdahu Laa Syariikalahu, Lahul Mulku Walahul Hamdu, Yuhyii, Wayumiitu, Wahuwa Hayyun Laa Yamuutu, Biyadihil Khairu, Wahuwa ‘alaa Kulli Syai-in Qadiir” pasti Allah tuliskan baginya sejuta kebaikan, menghapuskan darinya sejuta kejelekan, mengusung derajatnya sampai sejuta derajat, serta membangunkan buatnya rumah di surga”.” ( HR. At-Tirmidzi, Ibnu Majah, Al-Hakim. Syaikh Al-Albani mengatakan, hadits itu hasan)

5. Tutup sela barisan shaf shalat

Dari ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa tutup sela (pada barisan shalat) pasti Allah bangunkan buatnya rumah di surga serta mengusung derajatnya dengan tindakannya itu.” (HR. Al-Muhamili dalam Amaalinya serta dishahihkan Al-Albani dalam Riwayat Shahihah, no. 1892)

6. Jaga shalat-shalat sunah rawatib dua belas rakaat

Dari Ummu Habibab Radhiyallahu ‘Anha, mengatakan: Saya Dengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Siapa yang shalat 12 rakaat dalam satu hari tadi malam pasti dibangunkan buatnya rumah di surga.” (HR. Muslim)

Shalat 12 raka’at itu ialah empat rakaat sebelum Dzuhur & dua rakaat selanjutnya, dua raka’at setelah maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya, serta dua rakaat sebelum Shubuh seperti yang ada dalam hadits ‘Aisyah dalam Sunan al-Tirmidzi serta Ibnu majah.

7. Iman, islam, hijrah serta berjihad fi sabilillah

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Aku jamin orang yang beriman kepadaku, masuk islam serta berhijrah dengan satu rumah di tepi surga, ditengah-tengah surga, serta surga yang tertinggi. Saya jamin orang yang beriman kepadaku, masuk Islam serta berjihad dengan rumah di tepi surga, ditengah-tengah surga serta di surga yang tertinggi. Barangsiapa yang lakukan itu, dia tidak biarkan satupun kebaikan, serta lari dari semua keburukan, dia wafat, dimanapun Ia kehendaki untuk wafat.” (HR. Al-Nasai, Ibnu Hibban serta Al-Hakim. Dishahihkan oleh Syaikh Al AlBani rahimahullah).

8. Tinggalkan perdebatan meskipun itu dalam kebenaran

9. Tinggalkan dusta dalam becanda

10. Berakhlak mulia

Ke-3 amalan paling akhir di atas terangkum dalam satu hadits dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Aku jamin satu rumah di tepi jannah (surga) buat siapapun yang tinggalkan pembicaraan berkelanjutan walau dia dalam tempat yang benar, satu rumah ditengah-tengah jannah buat siapapun yang tinggalkan berbohong meskipun dia sedang bercanda, dan satu rumah di pucuk jannah buat siapapun yang berakhlak mulia.” (HR. Abu Dawud, al-Tirmidzi, serta Ibnu Majah. di hasankan oleh syaikh Al Bani rahimahullah)

Berikut beberapa amalan-amalan yang dijanjikan surga, mudah-mudahan kita makin semangat serta berupaya untuk istiqamah dalam mengamalkannya untuk kehidupan kita di akhirat yang abadi.

Silahkan bangun rumah di surga!